Manfaat dan Kandungan Buah Sirsak Bagi Kesehatan

Sirsak merupakan  tumbuhan yang dapat tumbuh dengan mudah di daerah yang memiliki topis, seperti di indonesia, banyak sekali masyarakat pedesaan atau perkotaan yang memepunyai pohon sirsak meski hanya satu atau dua pohon saja.

Sirsak merupakan tanaman yang berasal dari daerah Karibia, Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Namun seiring dengan bergulirnya  waktu, sirsak pun mulai menyebar ke seluruh bagian dunia. Sirsak memiliki naman latin Annona muricata L. Sering juga disebut dengan, nangka belanda, atau durian belanda , nangkelan (madura) dan manalika. Namun nama sirsak sendiri berasal dari bahasa belanda yaitu zuurzak yang memiliiki arti kantung asam.

Daging buah sirsak memiliki warna putih dan memiliki biji berwarna hitam. Buah ini sering digunakan untuk bahan baku jus minuman serta es krim. Dalam buah sirsak mengandung banyak karbohidrat, dan  fruktosa. Kandungan gizi lainnya adalah vitamin C, vitamin B1 dan vitamin B2 yang cukup banyak. Bijinya mengandung racun yang dapat digunakan sebagai insektisida alami.

Kandungan dalam buah sirsak dapat memberikan dampak yang positif bagi kesehatan manusia, mulai dari pohon daun dan buahnya.  Tak banyak masyarakat mengetahui akan kandungan buah sirsak yang mengandung vitamin C, kandungan serat dan nutrisi penting lainnya yang terkandung dalam buah sirsak ini. Namun sayag sekali, di indonesia  pemanfaatannya hanya pada buahnya saja karna yak banyak diantara mereka yang mengetahui hal itu.

Tak salah jika sirsak ini banyak digunakan di dunia kesehatan dan kecentikan tak lain karan memliki kandungan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh seperti acetogenins, annocatacin, annocatalin, annohexocin, annonacin, annomuricin, anomurine, anonol, caclourine, gentisic acid, gigantetronin, linoleic acid, muricapentocin. Kandungan senyawa diataslah yang banyak sekali memberikan manfaat bagi tubuh, yang bisa digunakan sebagai obat penyakit atau untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Inilah beberapa manfaat  dalam buah sirsak yang bisa kita dapatkan saat kita mengonsumsi buah, daun dan pohon sirsak, yuk simak penjelasan dibawah ini.

1. Untuk diabetes

Diabetes termasuk dalam salah satu jenis penyakit mematikan yang paling banyak diderita kebanyakan oleh orang di indonesia. Banyak cara pengobatan yang  sudah dilakukan untuk menyembuhkannya, mulai dari pengobatan tradisional hingga pada akhirnya diamputasi,namun saat ini bagi anda yang menderita penyakit diabetes tak usah khawatir anda cukup dengan mengonsumsi daun sirsak karena daun sirsak dapat mengontrol kadar gula pada darah.

2. Kista ovarium

Acetogenins dalam  daun sirsak berkhasiat untuk mengobati penyakit kanker, tak hanya itu kandungan acetogenins pada sirsak ternyata juga bisa mengobati penyakit kewanitaan seperti kista ovarium.

3. Membantu diet

Rebusan daun sirsak dapat membantu anda yang sedang menjalani diet. Dengan  mengkonsumsi daun sirsak, rasa lapar yang anda rasakan dapat berkurang. Pada saat hari pertama anda mengonsumsi air rebusan daun sirsak akan merasa lapar dan haus, namun rasa  pegal-pegal, dan lelah jadi hilang. Pada hari ke-2, rasa lapar akan bahkan berkurang. Untuk selanjutnya  walaupun anda merasa lapar, tapi nafsu makan anda akan sedikit berkurang.

4.   Mengobati kanker

Daun sirsak mengandung senyawa yang memiliki daya lebih ampuh dan baik dibanding kemoterapi dalam penanganan penyakit kanker, senyawa yang ada pada daun sirsak tersebut adalah acetogenins, annocatacin, annocatalin, asam gentisit, asam lonoleat dan caclourin yang merupakan senyawa penting yang dan juga merupakan hal yang sudah biasa digunakan dalam dunia medis sebagai obat dari berbagai macam penyakit terutama penyakit kanker seperti, kanker payudara, prostat, pankreas, dan paru-paru dan lainnya.

5. Mengobati liver

Kandungan senyawa acetogenins dalam buah sirsak berfungsi sebagai antibakteri, antijamur, efektif melawan berbagai jenis parasit atau cacing penyebab liver. Maka dari itu emngapa sirsak dapat mengobati liver dikarenakan kandungannya yang sangat baik untuk membunuh parasit dan cacing penyebab liver.

6
6. Mengobati wasir

7. Mengobati sakit pinggang

8. Mengobati bisul


9. Asthma



10. Asam urat



11. Kandung kemih


Masih banyak lagi manfaat yang dimiliki oleh sirsak baik itu dari daun, akar, pohon, dan buah yang dapat kita gunakan untuk menjaga dan merwat tubuh kita, terutama penyakit kanker yang merupakan penyakit yang mematikan.

Related Posts:

0 Response to "Manfaat dan Kandungan Buah Sirsak Bagi Kesehatan"

Post a Comment