9 Manfaat Buah Alpukat Untuk Ibu Hamil dan Janinya

Banyak sekali orang yang mengenal buah alpukat mirip dengan janin dan ada juga yang mengatakan bauh alpukat juga memilki kemiripan dengan pir, alpukat mengandung  senyawa dan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh ibu yang sedang hamil dan juga untuk kesehatan janinnya. Dari itu kenap bauh alpukat memiliki bentuk yang mirip dengan janin tak lain karna alpukat memilki manfaat yang emang sudha terbukti untuk kesehatan ibu yang sedang hamil dan janinnya. Alpukat memiliki nama latin parcia americana yang berasal di duga dari meksiko. Tumbuhan sangat tumbuh baik di daerah yang tropistropis, sehingga bisa dengan mudah ditemukan termasuk di Indonesia itu sendiri.

Alpukat sebagai buah dengan kandungan lemak yang tinggi dan baik mampu memberikan  manfaat yang baik untuk ibu hamil dan janinnya. Beberapa manfaat yang bisa kita ambil dari buah alpukat untuk ibu hamil dan janinnya adalah sebagai  berikut.

1.  Buah alpukat bisa membuat ibu hamil cepat kenyang

Manfaat alpukat dengan kandungan lemak tak jenuh yang sehat dan terbukti menghasilkan rasa kenyang lebih baik dibandingkan lemak jenuh dan lemak trans yang terdapat  didalam olahan. Asam oleat yang ada di dalam buah alpukat akan mengaktifkan bagian dari otak sehingga membuat ibu hamil merasa kenyang.

2. Sebagai Asupan Kalsium

Ketika ibu sedang hamil kebutuhan  tubuhnya akn bertambah berlipat ganda. Maka dinjurkanbagi ibu yang sedang hamil untuk  memperhatikan diet kalsiumnya. Kandungan Kalsiumdalam buah alpukat bermanfaat sebagai zat pembagun dan pembentukan tulang pada bayi.

3. Mengandung  Vitamin C dan pencegah anemia

Vitamin C sangat  dibutuhkan saat  ibu sedang  hamil, karna kandungan  vitamin C  dalm buah alpukat bermanfaat   untuk mempercepat penyerapan zat besi (Fe)  yang  ada dalam tubuh, jika zat besi yang da di dalam tubuh tidak terserpa dengan baik maka akan mengakibatkan anemia.

4. Kaya akan B1 dan B2 juga B6

Kandungan vitamin B6 dalam buah alpukat dapat mengurangi morning yang sering dialami para ibu hamil. B1 atau dikenal sebagai Tiamin dalam buah alpukat , berfungsi  untuk mengurangi rasa mual dan muntah dipagi hari. Vitamin B2 dalam buah alpukat, dikenal dengan riboflavin yang memiliki peran penting untuk membantu penguraian zat makanan untuk janin. Dan vitamin B6atau sering disebut dengan Pridoksin, penting sebagai daya tahan ibu yang sedang hamil.

5. Memperbaiki pencernaan

Saat ibu sedang hamil akan sering mengalami sembelit apalagi ketika pada akhir kehamilan. Karna alpukat memiliki banyak kadungan serat, alpukat dapat membantu tubuh untuk mencerna makanan yang da didalam tubuh dengan baik. Selain itu, alpukat sendiri dapat meningkatkan pergerakan usus lebih baik. Kandungan karotenoid yang termasuk dalam ketegori beta karoten dan likopen yang merupakan nutrisi penting. Dapat  berfungsi mengurangi peradangan pada lambung dan peradangan lapisan mukosa di usus halus..

6. Menurunkan kolesterol dan kadar gula darah

Buah alpukat yang dikonsumsi sangat berpotensi sekali untuk menurunkan kolesterol dalam darah pada manusia sehingga juga mampu menurunkan kadar gula dalam darah pada manusia. Dalam sebuah hasil penelitian tentang makanan alpukat memberikan potensi dan hasil signifikan dalam menurunkan total kolesterol dalam tubuh manusia dan dapat menghasilkan dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh manusia.

Dari hasil penelitian buah alpukat juga sangat berpotensi menurunkan kadar kolesterol jahat seperti Kolesterol tinggi yang memicu pada sakit jantung dan buah alpukat disini dapat mencegah penyakit sakit jantung.

7. Makanan otak bagi ibu hamil

Alpukat ditemukan dalam sebuah penelitian sebagai salah satu makanan otak terbaik dan dapat mengurangi resiko Alzheimer. Omega 3 yang ada pada asam lemak serta vitamin E yang ada didalam alpukat terbukti dapat menghentikan penyakit Alzheimer. 

8. Mencegah deformitas pada bayi yang akan lahir

Kandunga Asam folat  dalam alpukat sangat baik untuk bayi dan  penting dalam pengembangan organ tubuh. Jika seorng bayi kekurangan asam folat akn mengakibatkan  deformitas tulang pada bayi sebelum lahir. Deformitas merupakan susunan gigi tetap yang tidak teratur yang diakibatkan oleh gangguan rahang saat sedang mengalami perkembangan,karna langit-langit terlalu berbentuk secara melengkung, yang menyebabkan keterlambatan gigi susu untuk tanggal di kemudina hari.  Mencegah terjadinya cacat syaraf pada janin.

9. Kaya dengan vitamin E dan vitamin K 

Hormon prolaktin merupakan hormon yang dibutuhkan oleh ibu yang sedang hamil karna apabila seorang ibu yang sedang hamil hormon prolaktin akan berpengaruh terhadap gangguan emosional. Kandungan  vitamin E  dalam buah alpukat dapat menghasilkan hormon prolaktin yang dapat membantu tubuh ibu yang sedang hamil dari gangguan emosional. Selain itu sangat berperan dalam metabolisme, dan Vitamin E dalam buah alpukat dapat  memberikan lingkungan yang nyaman untuk janin.  Untuk  ibu yang sedang  hamil alpukat juga berfungsi  sebagai antipenuaan,  pembentukan sel darah merah. Kandungan vitamin K dalm buah alpukat  juga tak kala bedanya dengan vitamin E yaitu memilki  fungsi  yang sama dengan vitamin E, selain itu vitamin K juga sebagai pemebeku darah dan berfungsi  dalam pembentukan tulang bagi janin,  dan merupakan gizi  yang harus dipenuhi ketika ibu sedang hamil.

Setelah anda membaca artikel ini bagi anda yang sedang hamil atau para calon ibu hamil sebaiknya harus mengonsomsi buah-buahan yang dapat membantu kesehatannya dan bayinya. Tak hanya alpukat saja yang anda bisa konsumsi bau apel juga baik untuk ibu hamil dan janinnya.

Lihat juga: 10 Manfaat Buah Aple Untuk Ibu Hamil dan Janinnya

Related Posts:

0 Response to "9 Manfaat Buah Alpukat Untuk Ibu Hamil dan Janinya"

Post a Comment