Cara Atasi Sariawan dengan Bahan Alami

Sariawan atau yang juga dikenal dengan stomatitis merupakan penyakit yang meneyerang bagina mulut, bibir, gusi, lidah, pipi bagian dalam dan langit-langit mulut. Biasanya sariawan ini berupa bercak putih kekuningan. Sariwan merupakan penyakit yang sepele namun dapat mengganggu kesehatan tubuh, karna akan menyababkan nafsu makan menurun.

terdapat 3 jenis sariawan yang sering menyerang manusia.


Disebabakan oleh jamur candida albicans


Disebabakan karna gigitan atau karna terkena tonjokan sikat gigi. penyakit ini baisanya menyerang pada bagian pinggir seperti bibir dan pinggir lidah dan biasanya tidak hanya satu sariawan yang tedapat didalam mulut melainkan banyak. Sariawan ini biasanya memliki warna kekuningan yang dipinggirnya berwarna merah. dan sariawan jenis ini biasanya desebaabkan oleh, turunnya berat badan yang secara tiba-tiba, kekurangan vitamin, dan terkena virus.

3. Stomatitis Herpatica

Disebabkan oleh virus herpec dan biasanya terjadi dibelakang tenggorokan. Sariawan ini biasanya terjadi secara banyak atau tubhu bersamaan. Awalnya hanya terjadi sedikit nyeri  pada bagian mulut yang akan ditumbuhi sariawan. Dan penyembuhannya lumayan sangat lama sekitar 10 hari. penyakit ini bisa menular ke pada siapapun dan tidak hanya di bagian mulut, badan juga bisa terkena virus herpect.

Penyebab sariawan adalah karna sikat gigi, alergi makanan atau obat, virus, terkena gigitan, atau terjadi peradangan pada mulut dan kekurangan vitamin C.

Sariawan ini bisa diatasi dengan menggunakan bahan alami. akan tetapi sariawan ini dapat sembuh dengan sendirinya namun akan membuthkan waktu yang agak lama. Dibawah ini banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati sariawan.

1.Bawang Putih

Selain sebagai bumbu makan yang sangat dibutuhkan dalam keseharian, ternyata bawang putih juga bisa menggunakan bawang putih untuk mengobati sariawan.  Kandungan yang terdapat didalam bawang putih dapat membantu penyembuhan sariawan. Caranya  iris bawang putih kemudian tempelkan irisan bawang putih tersebut langsung pada bagian luka sariawan.

2. Kunyit

Kunyit selain dapat dijadikan rempah-rempah atau bumbu masak, kunyit juga sering digunakan sebagai obat alami. Kunyit ternyata  juga bisa digunakan untuk menyembuhkan sariawan, caranya buat adonan dari kunyit yang dicampur dengan teh gliserin, kemudian belender 2 bahan tersebut, setelah halsu oleskan pada bagian mulut yang terkena sariawan.

3. Menggunakan Garam

Kandungan yang terdapat dalam garam dapat membantu meredakan sariawana. Mengobati sariawan dengan menggunakan garam, ialah dengan mencampurkan garam tersebut dengan air kemudian jadikan oabt kumur. 

4. Menggunakan Minyak Kelapa 

Minyak kelapa terbukti dapat membantu meredakan sariawan, dan juga bisa membantu mengatasi peradangan. caranya cukup oleskan minyak kelapa kebagian yang terkena sariawan.

5. Menggunakan Es Batu

Untuk menghilangkan bengkak  dan meredakan rasa sakit pada sariawan bisa menggunakan es batu. caranya cukup tempelkan es batu pada bagian mulut yang terkena sariawan.

6. daun jambu biji

Daun jambu biji selaian sebagi obat untuk diare dan sakit perut, jambu biji juga bisa digunakan untuk mengobati sariawan dengan cara mengunyahnya.

Selain menggunakan bahan diatas anda juga harus memeperbanyak mengonsumsi buah dan sayur yang kaya vitamin C agar membantu terhindar dari sariawan. tips diatas merupakan. selain itu, hindari makanan yang pedas dan makan yang terlalu keras dan juga pilihlah sikat gigi yang baik yang sekiranya tidak membuat luka pada bagian mulut. lihat juga: 9 Rahasia Milki Bibir Merah Dengan Bahan Alami dan Permanent

Related Posts:

0 Response to "Cara Atasi Sariawan dengan Bahan Alami"

Post a Comment