5 Manfaat dan Kandungan Buah Alpukat Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Bukanlah hal yang tidak lazim untuk didengar ditelinga kita. Terutama bagi perempuan yang sering memperhatikan kesehatan dan kecantikan tubuhnya. Buah ini merupakan buah yang sering kita temui di pasar-pasar atau di supermarket dan buah ini mudah untuk kita kenali karna memilki bentuk yang mirip dengan  buah pir dan juga ada yang mengatakan mirip dengan janin.

Buah alpukat inilah yang saya maksudkan dari tadi, buah ini kaya akan manfaat dan khasiat yang penting untuk kesehatan. Anda bisa langsung membuat jus atau  dijadikan sebagai campuran salad. Dan jika anda tidak suka dengan buah alpukat anda bisa dengan mengaplikasannya langsung pada kulit. Alpukat merupakan buah yang berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko. Didaerah asalnya buah  alpukat sering disebut dengan ahuacat oleh bangsa Aztek dan pasukan Spanyol. Buah alpukat berbentuk  lonjong membulat, dan memiliki kulit yang berwarna hijau tua sampai ungu kecoklatan. Dagingnya bertekstur lembut dan memiliki warna hijau muda pada bagian sekitar kulit dan memiliki warna kuning dibagian ynag berdekatan dengan biji.


1. Mengandung antioksidan

Asam oleat yang terdapat didalam buah alpukat  mengandung zat antioksidan tinggi seperti seperti karotenoid, vitamin E dan C, yang berfungsi membantu melindungi tubuh kita dari kerusakan radikal bebas yang dapat merusak sel. Karotenoid lutein berfungsi untuk mempromosikan kadar air dan elastisitas kulit, serta mengurangi kerusakan pada lipid kulit yang sangat penting. Kandungan vitamin E  dalam buah alpukat akan melindungi kulit Anda dari efek sinar ultraviolet. Dan  vitamin C  dalam buah alpukat bermanfaat untuk membuat kolagen, yang merupakan senyawa struktur yang  utama, kekencangan kulit, dan sumber elastisitas.

2. mengandung lemak sehat


Alpukat  yang memang sudah terkenal dengan memiliki kandungan lemak yang sehat dan tinggi. Namun bukanlah kandungan lemak yang sembarangan yang terkandung didalam alpukat melainkan adalah asam lemak poli tak jenuh tunggal sehat yang bisa melindungi kulit Anda.  Dan Lemak tak jenuh tunggal  tersebut bermanfaat untuk menjaga lapisan atas kulit dan menjadikan kulit  selalu lembab, sehingga  kulit menjadi lembut dan sehat.


3. Mengandung biotin


Vitamin B7  atau biotin yang merupakan bagian dari vitamin B kompleks yang memilki kandunga sangat diperlukan untuk kesehatan kulit.  Dan apabila tubuh kurangan  asupan vitamin B kompleks bisa menyebabkan terjadinya kulit kering, bersisik, atau bahkan mengalami ruam merah pada kulit.


kandungan lainnya seperti potasium yang berfungsi untuk mencegah pengendapan cairan dalam tubuh, menyeimbangkan cairan elektorit dalam tubuh yang dapat menurunkan darah dan zat besi yang  terdapat didalam buah alpukat berguna untuk mencegah penyakit anemia. Kandungan minyaknya yang terdapat didalam buah alpukat dapat digunakan untuk perawatan kecantikan kulit.


1. Melindungi kesehatan mata

Mengkonsumsi alpukat dapat meningkatan asupan leutin yang dapat melindungi mata dari dehidrasi makula dan terjadinya katarak.

2. Menurunkan kolestrol

Kandungan lemak nabati yang terdapat didalam buah alpukat dapat menurunkan kolestrol, sehingga menguragi penyebab terjadinya stroke

3. Membantu penyerapan nutrisi

Karotenoid termasuk  dalam beta karoten dan likopen, yang merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh kesehatan. Nutrisi dan enzim yang tedapat dalam buah alpukat bekerja mengurangi peradangan lambung dan peradangan pada lapisan mukosa usus halus. 

4. Sebagai sumber serat

kandungan serat yang terdapat didalam buah alpukat juga dapat mengurangi resiko terjadinya stroke baik itu dari serat yang larut maupun tidak larut, selain itu juga kandungan serat yang terdat didapat didalamnya juga berfungsi untuk mencegah peningkatan kadar gula daalm darah dan melindungi fungsi usus.

5. Untuk ibu hamil 

kandungan  asam folat yang terdapat buah alpukat dapat menjaga kesehatan janin dan juga dapat mencegah terjadinya kecacatan pada saraf janin, dan menjaga ibu yang sedang hamil dari komplikasi.

Untuk pengaplikasikannya sangat mudah karna buah ini bisa dijadikan salad atau jus dalam keseharian kita.

Related Posts:

0 Response to "5 Manfaat dan Kandungan Buah Alpukat Untuk Kesehatan dan Kecantikan"

Post a Comment