10 Cara Alami Untuk Mengatasi dan Mengobati Keputihan dengan Bahan Alami

bagi kaum wanita kesehatan dan kebersihan alat reproduksi memang harus dijaga, karna jika tidak maka akan mengakibatkan terjadinya keputihan. Keputihan merupakan cairan yang berwarna putih yang terbentuk dari sel yang telah mati dan keluar dari alat reproduksi wanita yang disertai dengan bakteri.  Keputihan yang normal, tidak berwarna, tidak gatal dan tidak terasa panas itu merupakan hal yang biasa dan tidak perlu pengobatan. Namun untuk jenis keputihan yang berwarna, putih susu, kuning, hijau, atau bahkan kecoklatan itulah, berbau dan disertai rasa gatala maka anda harus memberikan perhatian penuh terhadap kesehatan alat reproduksi anda dengan cara menjaga kebersihan dan menggunakan pengobatan alami.

Penyebab utama terjadinya keputihan ialah karna peradangan dan infeksi oleh kuman, bakteri, virus dan zat kimia yang ada pada pakaian. Dan seperti biasanya kuman, bakteri, dan virus ini terdapat pada penggunaan pakaina yang ketat, kamar mandi yang kotor, atau zat kimia yang ada pada deterjen atau pelembut dan pengharum pakaian.
Mengapa keputihan itu memiliki banyak macam warna? Hal ini disebabkan karna terdapat berbagi macam jenis keputihan yang sering keluar dari alat reproduksi wanita. 
  • Keputihan vaginosis
Bakteri patogen yang menyebabkan keputihan  jenis vaginosis adalah bekteri dari  jenis Mycoplasma Hominis, Prevotella, Bacteroides, Grandnerella, dan bakteri Mobiluncus. Bakteri-tersebut  jumlahnya dapat meningkat pesat apabila penderita menggosok vagina terlalu keras, merokok, dan memasang alat kontrasepsi seperti IUD.  Jika bakteri tersebut berkembang dalam jumlah yang banyak, maka akan menyebabkan keuptihan berwarna kuning, berbau agak amis. Biasanya ditandai dengan adanya rasa nyeri Saat buang air kecil. Untuk menghindari peningkat keputihan jenis ini, bagi yang sudah berkeluarga diharapkan untuk tidak melakukan hubungan terlebih dahulu.
  • Keputihan volvovaginitis
Keputihan jenis vulvovaginitis ini berwarna hijau dan berbau tak sedap. Keputihan yang satu ini disebabkan oleh peradangan yang terjadi di bagian vulva dan miss V. Gejala pada keputihan volvovaginitis adalah adanya rasa gatal dan seperti terbakar di daerah yang terjadi peradangan. Jika di daerah peradangan tersebut terdapat  luka atau bernanah maka keputihan tersebut akan berubah warna menjadi coklat akrna kaibat darah yang ditimbulkan oleh luka tersebut. Radang tersebut disebabakan oleh tersentuhnya zat kimia dengan alat reproduksi secara tidak sengaja. Zat kimia tersebut bisa dari deterjen, pemutih, dan pelembut, yang ada pada pakaian. Selain itu juga bisa dsebabkan oleh virus dan jamur.
  • keputihan Candidiasis
Penyebab dari keputihan Candidiasis adalah jamur candida albicas. Jamur ini betah dan tumbuh pada suhu yang hangat. Jika jamur ini sudah lama tumbuh maka akan membuat kulit di daerah alat reproduksi meradang dan secara otomatis menimbulkan keputihan. Keputihan yang disebabkan oleh jamur candida  akan berwarna putih agak kekuning-kuningan seperti. Bila keputihan ini dibiarkan maka akan berbahaya dan menimbulkan rasa gatal di pangkal alat reproduksi. Biasanya jamur candida ini tubuh di pakaian yang ketat dan mudah berkeringat.

1. Biji mangga

Selain buahnya bisa dimanfaatkan untuk pengobatan hemoroid atau wasir biji buah mangga juga bisa digunakn untuk mengatasi keputihan dengan cara menghaluskan biji tersebut yang sudah kering.

2. Daun sirih

Sari daun sirih kita bisa jadikan obat ampuh untuk mengatasi keputihan. caranya cukup dengan menggunakan air rebusan daun sirih untuk bercebok atau dengan mengkonsumsinya setiap hari.

3. Bawang putih

Bawang putih yang sering digunakan sebagai rempah-rempah, juga bisa digunakan untuk mengatasi keputihan. Cara mengatasi keputihan dengan bawang putih bisa langsung anda konsumsi atau menenmpelkan irisan bawang putih tersebut pada alat reproduksi.

4. Kunyit

Kunyit mampu membunuh bakteri dan virus penyebab keputihan dan juga menjaga keputihan tetap normal. Caranya dengan meminum air kunyit setipa hari utnuk mengatasi keputihan.

5. Lidan buaya


Cara Lain yang bisa digunakan untuk mengatasi keputihan adalah dengan mengkonsumsi air rebusan lendir lidah buaya yang masih segar. Unutk hasil terbaik lakukan hal ini  secara rutin.


6.  Ketumbar


Ketumbar sering digunakan sebagi penambah rasa pada masakan namun saaat ini bukannya hanya di dapur saja fungsi ketumbar juga ada di kesehatan yaitu untuk mengatasi keputihan. Mengapa ketumbar? karna ketumbar dapat membasmi jamur dan bakteri yang ada pada alat reproduksi wanita. Anda bisa menjadikan air ketumbar sebagai minuman obat sehari-hari.


7. Akar bayam


Jika kita sering mengkonsumsi bayam sebagai tamabahah lauk pada makanan, akrnya juga bisa digunakan untuk mengobati dan mengatasi keputihan, karna kandungan antibakterinya yang tinggi mampu mengatasi dan mengobati keputihan. Caranya dengan mengkonsumsi jus akar bayam tersebut


8. Akar mawar


Selain dengan menggunakan akar bayam anda juga menggunakan akar dari bunga yang banyak disukai dan digunakan untuk di ekstraksi yaitu bunga mawar. Caranya ialah dengan mengkonsumsi air rebusan buah mawar yang sudah disaring.


9. Jahe


Jahe tidak hanya untuk menyembuhkan asam lambung melainkan juga bisa digunakan untuk mengatasi keputihan agar keputihan tatap normal yaitu dengan mengonsumsi langsung, atau di buat wedang jahe tanpa gula.(lihat juga: Cara Cegah Asam Lambung dengan bahan alami)


10. pisang


Pada saat anda mengonsumsi buah pisang anda sudah membunuh bakteri penyebab keputihan. Pisang membantu mengusir bakteri yang ada pada alat reporduksi.



Cara mencegah keputihan ialah dengan menghindari penggunaan celan yang ketat, sering ganti pembalut saat menstruasi, banyak mengkonsumsi air putih.

Related Posts:

0 Response to "10 Cara Alami Untuk Mengatasi dan Mengobati Keputihan dengan Bahan Alami"

Post a Comment