Cara Mengatasi dan Mengobati Mimisan dengan Cara Alami

Mimisan sudah biasa dikenal dengan keluarnya darah dari lubang hidung. Orang Yunani menyebut mimisan dengan Epistaxis, pendarahan hidung, dalam dunia kedokteran epistaxis dikenal sebagai pendarahan aku dari lubang hidung, rongga hidung, atau nesofaring. MImisan dikelsifikasiakn menurtu pendarah utama yaitu:
  • Epistaxis anterior merupakan mimisan yang sudah umum dijumpai, merupakan pecahnya pembuluh darah pada pexus kiesselblach yang terletak dibagain anterior nasal septum(bagian yang membagi lubang hidung menjadi dua).
  • Epistaxis posterior adalah mimisan yang berqasl dari cabang-cabang arteri sfenopalatina yang berada di bagian posterior atau belakang rongga hidung atau nasofaring.
Mimisan biasanya terjadi setelah seseorang mengalami luka seperti setelah mengorek hidung, meniup lewat hidung, trauma pada wajah, terjepit atau memasukkan benda asing pada hidung dan terlalau lam menghirup udara kering. Mimisan juga dapat terjadi akibat keadaan udara yangkering atau pada saat musim dingin. Keadaan udara kering itu disebabkan oleh ketinggian atau pendingin udara dengan AC.

Pendarahan hidung jarang terjadi sebagai akibat dari komplikasi polip nasal atau infeksi kronis, seperti sinusitis dan rhinitis, yang dapat menyebabakan penyumbatan dan kahinya menyebabkan pendarahan pada pembuluh darah kapiler. Selain tiu juga dapat diakibatkan oleh bahan-bahan yang berbhan kimia yang dapat menyebabkan iritasi.

Faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami mimisan atau pendarahan hidung adalah pemakiana obta-obatan pengencer darah(antikoagulan), penggunaan aspirin yang berlebihan, tekanan darah tinggi, berad di tempat tinggi dan beriklim panas, penyakit hodgkin, penykit pada pembulluh darah sklerotis, kudis, kanker, kekuranga vitamin C dan K, kerusakan pada darah, dan akibat kelainna pada darah.

Cara Mengobati dan mengatasi mimisan dengan cara alami

1. Biarkan seseorang yang mengalami mimisan duduk dengan tenang, dengan posisi kepala menunduk agar darah yang kelura tidak berjalan kebelakang, kelambung, dan ketenggoroakan akrna akan mengakibatkan rasa mual, dengan posisi duduk tersebut akan memperlambat pendarahan hidung karna posisi jantug lebih rendah dari hidung. Janagn biarkan ornag yang sedang tidur itu tidurterlentang karan akan menyebabkan pendarahan semakin cepat.

2. Kompers hidung yang berdarah dengan menggunakan hadnuk yang sudah di celupkan pada air es, atau air yang dingin agar dapat mengecilkan pembuluh darah, dan dapat membekukan darah sehingga darah cepat berhenti dan juga.

3. Pencet hidung yang berdarah selam lima menit, dan jika masih belum berhenti maka pencet kemabli hidug sampai darah benar-banar berhenti, dan untuk sementra harus bernafas dengan mulut.

4. Jika pendarah masih saja berlanjut gunakan daun sirih untuk menyumbat lubang hidung karna daun sirih dapat mengecilkan pembuluh darah, gunakn daun sirih ini dengan posisi wajah menengadah.

5. Dan jika mimisan disertai dengan suhu tubuh yang panas maka sebaiknya segera di bawa kedokter, untuk diketahui sumber dan penyebab mimisan itu terjadi.

Semoga artiekel ini menjadi solusi yang sangat bermanfaat dan dapat dipalikasikan oleh siapa saja. baca juga: 9 Cara Menjaga otak Tetap Bugar dan Terhindar dari Lupa


Related Posts:

0 Response to "Cara Mengatasi dan Mengobati Mimisan dengan Cara Alami"

Post a Comment