15 Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan dan Pengobatan

Tahukah anda mengapa para ibu-ibu kalau memasak sate pasti ditambahkan  bawang merah? Ternyata bawang merah tersebut tidak hanya berfungsi sebagai penamabah selera, akan tetapi juga berfungsi sebagai pelidung tubuh. Bawang merah(allium cepa L.var aggregatum) adalah tanaman semusim yang miliki umbi yang berlapis yang memiliki tunas vertikal bawah tanah yang sebagian besar terdiri dari dasar daun yang berfungsi menyimpan makanan. Bawang merah sering digunakan sebagi bumbu dapur. Bawang merah memilki akar serabut dengan daun berbentuk selinder berongga. Umbi terbentuk dari daun yang bersatu dan membentuk batang yang yang berubah bentuk, fungsi, membesar dan membentuk umbi lapis. Umbi bawang merah bukan merupakan umbi sejati seperti talas dan kentang.

Bawang merah memiiki bunga majmuk berbentuk tandan yang bertangkai dengan 50-200 kuntum bunga. Pada setiap ujung dan pangkal tangkai mengecil dan pada bagian tengahnya mengebung. Berbentuk seperti pipa ynag memiliki lubang di bagian dalamnya, tangaki tandan bunga ini sangat panjang lebih dari daunnnya sendiri, dengan ketinggian yang mencapai 30-50. Bunga bawang merah tergolong bunga sempurna karna dalam setiap buanga benang sari dan kepala putik. Bakal bunga sebenarnya terbentuk dari tiga daun buah yang disebut dengan carpel, yang membentuk tiga buah ruang yang mana dala tiga buah ruang tersebut  terdapat dua calon biji. Bawang merah memiliki bentuk bulat, denag ujung tumpul, bentuk biji agak pipih, bagian ini yang digunakan untuk memperbanyak tanaman secar generatif.

Kandungan yang terdapat didalam bawang merah adalah vitamin C, kalium, serat, asam folat, kalium, dan zat besi. Selain itu baeang merah juag mengandung hormon auksin dan giberlin, energi, karbonat,gila, diet serat, lemak, monosarturate, polysaturated.

Manfaat bawang merah ialah bisa digunakan sebagai obat  karna mengandung senyawa alliin, dan mengandung efek antiseptik. Senyawa alliin oleh enzim alliinase yang selanjutnya dirubah menjadi asam piruvat, amonia, dan alliisin sebagai antimikroba yang bersifat bakterisida. Bawang merah mampun menetralkan ancaman karbon, karna kandungan sulfide pada bawang merah memang dikenal baik dalam menangkal kanker payudara, paru-paru, dan   prostat. Selain itu masih terdapat banyak manfaaat yang diberikan bawang merah untuk tubuh kita yang diantaranya:
  • Bawang merah dapat melindungi jantung, karna bawang merah mampu mengontrol tekanan darah dan juga membuka pembuluh  darah yang tersumbat. Denga cara mengunyah bawang merah yang masih mentah
  • Dengan mengunyah bawang merah yang mentah ternyata secar tidak langsung kita sudah membunuh kuman sumber penyakit yang terdapat ddidalam mulut kita.
  • Sebagai pencegah kanker
  • Mengurangi sakit telinga
     Bawang merah memberi manfaat bagi penderita sakit telinga dikarenakan(lanjutan) dengan cara          memberikan tetes air bawng merah yang telah di jus.
  • Gangguan urin 
     Rebusan airnbawang merah juga bisa digunakan sebagai untuk menyeimbangkan urin. Selain itu        juga bisa digunakan untuk meredakan nyeri atau rasa panas saat buang air kecil. 
  • Diabetes Mellitus
     Kandungan salah satu zat yang terkandung dalam bawang merah ternyata mampu mengontol              kadar gula yang ada pada hati penderita Diabtes Mellitus atau juga di sebut dengan kencing                manis. Selain itu juga bisa digunakan untuk pelepasan insulin.
  • Sakit perut
     Bawang merah juga mampu meredakan sakit perut atau nyeri perut. Karna dalam bawang merah         terdatap senyawa yang anti radang. Senyawa ini yang mampu meringankan sakit perut.
  • Hemoroid
      Bawang merah bisa digunakan untuk mengobati sembelit denagn cara mengunyah bawang merah       tersebut hingga sakit yang dirasakan perlahan hilang.
  • Untuk mengobati jerawat pada wajah
      Jus yang terbuat dari bawang merah bisa dijadikan obat bagi wajah dengan menambahkan minyak       zaitun dan madu
  • Untuk mengobati akibat serangan serangga
  • Untuk mengencerkan dahak
  • Untuk mengobati masuk nagin dan sakit persendian.
  • Menghilangkan mata ikan dikaki.
  • Mencegah anemia
Bagitu banyak bukan manffat yang bisa kita ambil dari rempah-rempah yang satu ini selain rasanya yang enak untuk dibuat campuran makanan juga kaya akan manfaat. Baca juga: Manfaat Sambiloto Untuk Kesehatan Tubuh


Related Posts:

0 Response to "15 Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan dan Pengobatan"

Post a Comment