Kehebatan Dibalik Biji Kecil Jintan Hitam


Pengobatan alami yang jarang digunakan oleh kebanyakan orang akan tetapi memiliki kegunaan yang sangat tinggi dan luar biasa adalah sebuah biji kecil yang mampu memberi manfaat terhadap manusia sejak dahulu. Manfaat jintan hitam sejak dahulu sudah diyakini memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh. Nama lain dari jintan hitam adalah habbatussauda  yang juga di kenal dengan biji hitam kuratif. Bagi umat islam sudah di anjurkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk mengonsumsi jintan hitam tersebut lebih dari 2000 tahun, negara bagian timur tengah menggunakan jintan hitam sebagai media pengobatan.

Dalam bidang akademis, jintan hitam sudah di teliti dan memberi bukti yang valid bahwa jintan hitam memberi khasiat yang hebat. Jintan  hitam ini meskipun kecil, memeliki banyak kandungan yaitu mengandung sekitar 100 senyawa kimia seperti(votamin, protein, asam lemak, karbohidrat mineral. Dalam islam juga diyakini bahwa jintan hitam bisa menyembuhkan segala penyakit kecuali kematian.

Sekarang ini banyak sekali dalam bidang farmasi menggunakan jintan hitam sebagai obat-obatan, dan  pemanfaatan jintan hitam dibidang farmasi sudah  diyakini digunakan lebih dari 15 jenis pengobatan.
  • Leokotrien antagonis
  • Anti Bakteri
  • Anti Maag
  • Anti inflamasi
  • Anti jamur
  • Anti hipertensi
  • Interferon indocer
  • Anti oksidan
  • Anti virus
  • Bronkodilator(kesulitan bernafas)
  • Inhibatorglokoneogenesis(anti Daibetic)
  • Hipotensi(darah rendah)
  • Insulin sensitiasi
  • Renoprotektif
  • Tumor Necrosi Factor Alpa Inhibator
Kegunaan jintan hitam bagi kesehatan tubuh manusia.
1. Dapat Mengatasi Asma
Thymoquinone, salah satu unsur aktif utama dalam negella sativa(jintan hitam), lebih unggul dari pada obat fluticasone untuk mengobati asama studi kasus pada hewan. Study lain dengan menggunakan subyek manusia menemukan bahwa ekstrak air intan hitam yang direbus memilki efek antiasthmatich yang kuat untuk mendukung membuka salurna asma.
Riset lain yang di lakukan telah membuktikan bahwa mengkonsumsi ekstrak jintan hitam dengan mulut meningkatkan batuk, mengi, dan fungsi paru paru pada penderita asma. Namun black seed mungkin tidak seefektifobat teofilin atau salbutamol.
2. Dapat Meningkatakan Sistem Kekebalan Tubuh
Jintan hitam memilki khasiat yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, terutama bagi orang yang memiliki gangguan imunitas tubuh. Menurut penelitaian, 1 gram jinten hitam yang dikonsumsi dua kali sehari selama satu bulan dapat meningkatkan rasio sel T, antara negtif dan positif hingga 72 persen.meningkatkan kekebalan tubuh ini penting untuk menyembuhkan pilek, influenza, AIDS.
3. Penghambat Alergi
Histamin adalah senyawa yang dilepaskan oleh sistem kekebalan tubuh akibat reaksi alergi. Senyawa crystalline nigellone yang terdapat dalm jintan hitam memiliki protein kinase C, merupakan subtansi yang dikenal dapat menghambat pelepasan histamin. Penggunaab jintan hitam dapat mengurangi reaksi alergi pada sebagian besar pasien.
4. Sumber Nutrisi Sehat
Jintem hitam mengandung beta karoten (pro vitamin A), kalsium, zat besi, sodium dan kalium. Jintan hitam juga memilki delpan dari sembilan asam amino esensial. Asam amino esensial tidak diproduksi dalam tubuh kita sehingga dapat didapat dari luar. Selain itu bisa digunakan sebagai suplemen gizi.
5. Mengobati Kanker
Asam lemak yang terkandung dalam jintan hitam dapat menghambat perkembangan kanker. Jintan hitam berkemampuan berstimulasi produksitifitas dan imunitas sel tulang sumsum serta produksi intrferon, melindungi sel-sel normal, dan melawan sel tumor tanpa merusak sel-sel yang sehat.

6. Mengatasi Penyakit Diabetes
7. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi 
8. Herbal Untuk Epilepsi
9. Meningkatkan Konsentrasi Otak 
10. Menetralisir Racun
11. Anti Bakteri Pada Saluran Pencernaan


Catatan:
Jintan hitam mungkin aman  dikonsumsi dalam batas yang wajar, namun ada beberapa efek  jintan hitam yang cukup besar jika dikonsumsi dalm dosis obat.

  • Ibu hamil  dan menyusui Sebaiknya  tidak mengonsumsi jintan hitam baik itu biji, minyak dan ekstrak jintan hitam karena jika mengonsumsi  jintan hitam dalam jumlah yang banyak akan merangsang kontraksi dan dapat memenyebabkan keguguran
  • Jintan hitam dapat memperlambat pembekuan darah sehingga meningkatkan resiko pendarahan, mengurangi gula darah, jintan hitam juga dapat menurunkan kadar gula, dan juga meningkatkan kantuk pada sebagian orang. Setidaknya bagi penderita Diabetes, tekanan darah rendah, tidak mengonsumsi jintan hitam karna akan membuat tekanan darah semakin rendah.


Related Posts:

0 Response to "Kehebatan Dibalik Biji Kecil Jintan Hitam"

Post a Comment