Cara dan Waktu Tidur Yang Baik untuk Kesehatan

Tidur merupakakn hal yang harus terpenuhi dalam kesehatan kita, karna pada saat tidur kita sudah membagikan waktu kita untuk memberi kesempatan bagi hormon agar bekerja secara maksimal, selain itu kita juga mandapatkan mendapatkan kesegaran dan terhindar dari strees.

Saat tidur kita mengalami empat fase yaitu:
  • Fase gelombang Alpha
Pada faseini frekuensi gelombang otak sudah mulai menurun dan berada pada di gelombang Alpha yang berfrekuensi sekitar 8 sampai 12 Hz.
  • Fase spindles and k- complexes
Pada fase ini tubuh tidur mulai lebih tenang, akan tatapi masih mudah untuk di bangunkan, dan biasanya ketika dibangunkan dan bangun orang tersebut itdak merasakan kalau orang tersebut sudah tertidur.
  • .Fase Deep sleep
Pada fase ini otak sudah mulai mencapai puncak terendah yaitu antara teta dan delta. pada fase inilah tubuh benar-benar sudah beristirahat secara normal dan optimal. selain itu tekanan darah dan jantungnya juga mencapai titik terendah, terjadi respirasi, perbaikan sel-sel tubuh, dan juga terjadi penetralan racun-racun yang ada di tubuh oleh organ tubuh.
  • Fase Rapid Eye Movement (REM)
Yaitu fase dimana tidu dengan mata bergerak cepat dan gelombsng otak naik biasanya hal ini di tandai dengan orang yang sudah bangun tapi belum sadar.

Cara tidur yang baik untuk kesehatan

1. Tidur miring

Menurut kesehatan  sangat dianjurkan pada saat kita tidur hendaknya miring ke kanandan kaki diktekuk dapat mengurangi ketegangan yang terjadi dipunggung. dan jug adapat mengurangi asam lambung. Namun bagi orangyang sedang hamil sebabiknyaketiak tidur miring ke kirikarna kaan mengingkatan sirkulasi darah dan memberikan kenyamana bagi bayi.

2. Tidur tengkurap

Tidur tengkurap kerupakan pasisi tidur yang amat sangat tidak baik karna akan mengakibatkan posisi kurva tulang belakang menjadi datar, dan menyebabakan sakit punggung bagian bawah. Namun tidur baaik juga bisa digunakan bagi ornag yang memeliki penyakit apnea atau mendengkur.

3. Tidur terlentang

Posisi ini merupakan posisi yang baik untuk menyeimbangkan berat badan dan menyeleraskan organ tubuh bagian dalam. tidur terlentang dan tanpa bantla merupakan posisi yang baik karna dapt menetralkan posisi leher, dan jika menngunkana bantal yang terlalau tinggi akan menyebabakan kita unutk sulit bernafas. Namun saat tidur terlentang  efek grafitasi akan menurun kepanagkal pernafasan yang dapat menghambat jalannya udara dan menyebabkan ngorok. Bagi ibu ahmil sebaiknya tidak tidur dengan posisi terlentang karna akn menekan punggung bagian bawah

selain tiga hal diatas terdapat beberapa faktor pendukung yang membuat tidur kita menjadi nyaman dan sehat.


  • Mematikan lampu saat tidur
  • Tidur tepat waktu
  • Menggunakan bantal dan kasur yang dikira nyaman dengan posisi tidur anda
  • Tidak bergadang
  • Mengatur sushu ruang
  • Sempatkan tidur siang
  • Lakukan olahraga
  • Hindari penggunaan kafein dan akohol sebelum tidur

Lalu kapan waktu yang baik untuk tidur?

Menurut penjelasn medis suhu tubuh naik pada sore hari kira-kira setelah ashar sampai malam hari kira-kiraketika maghrib,suhu tubuh kita juga akan meningakat dari padi hari sampai siang hari. Nah, jika seseorang tidur pada waktu di atas maka orang tersevtu menentang sifat alami tubuh sehingga menyebabkan pusing setelah bangun dan menyebabkan hilanganya konsentrasi.

Waktu tidur yan baik ialah diluar kurva suhu yang naik yaitu ketika  suhu tubuh kita mulai menurun, dan pada saat iu juga frekeunsi gelombang menurn,pembuluh darah melebar yang mengakibatkan terjadinya relaksasi bagi organ tubuh. dan waktu yang tepat ialah malam hari.

Related Posts:

0 Response to "Cara dan Waktu Tidur Yang Baik untuk Kesehatan"

Post a Comment