Musik Angklung Sebagai Terapi pemulihan Stroke

Terapi yang satu ini ternyata sangat mudah dan banyak sekali orang yang menyukai ini, baik itu dari kalangan tua maupun muda, dan ini bersifat penghibur yang dapat membuat pendengarnya lebih rileks. Musik adalah suatu terapi yang bisa digunakan unutk membantu pemulihan stroke, mengapa musik ini dapat membantu memulihkan stroke? karena musik yang memilki sifat penghibur dapat membuat orang yang mendengarkannnya menjadi lebih tenang dan nyaman, tak heran jika musik dapat berpartisipasi dalam penyembuhan penyakit stroke. Ada jenis musik tertentu yang bisa diaplikasikan sebagai media terapi kesehatan. Salah satunya adalah musik klasik yang memiliki hubungan dengan intelegensia anak.

Sekitar tahun 60-an metode terapi ini sudah di apliksikan di negara Jepang dengan menggunakan lagu karoke dari hasil ciptaan dokternya sendiri dan hal itu mampu mempercepat pemulihan pasien stroke. Terapi ini sudah di kenal di Indonesia yang menggunakan alat musik yang digunakan di Jepang .

Terapi musik di anggap sebagai terapi tambahan karna terapi musik ini dapat diaplikasikan setelah menggunakan terapi medis dengan cara melihat kondisi pasien terlebih dahulu. Setelah beberapa minggu pasien akan memasuki tahap rehabilitasi dini dan disinilah musik bisa digunakan untuk mempercepat pemulihan penderita pascastroke dari kecacatan motorik, kognetif, gangguan memori dan kecacatan emosi.

Musik yang paling cocok untuk pasien pasca storke adalah terapi musik angklung karna alat musik ini dapat melatih lebih dari satu saraf dari organ tubuh yang cacat untuk saling berintrogasi. Dngan memetik satu tangga saja sudah melatih saraf motorik,. dan juga membuat mata lebih aktif karna melihat teks lagu untuk mengetahui  cara pelafalannya dan juga dapat memperlancar kemampuan bicaranya, tidak hanya itu angklung juga dapat mengaktifkan telinga karna pasien pascastorke dapat mendengar suaranya sendiri.

Cerita-cerita yang di ceritakan sesama penderita stroke memiliki manfaat yang sangat ampuh memberikan motivasi yang lebih besar. Dengan bermain musik pasien stroke akan mudah bersosialisasi dengan lingkungan keluarga dan masyarakat.


Related Posts:

0 Response to "Musik Angklung Sebagai Terapi pemulihan Stroke"

Post a Comment