Cara mengatasi Mata Agar Tidak Lelah Akibat Pancaran Layar Monitor

Jika anda seorang publisher, sekretaris, netter,  atau lainya yang berhubungan dengan layar monitor pasti anda akan merasakan rasa lelah pada mata anda. Kelelahan pada mata adalah suatu kondisi dimana mata merasa lelah yang diakibatkan karna digunakan secara terus-menerus untuk membantu aktivitas sehari-hari seperti mengemudi, berada di depan layar komputer, membaca buku, mononton TV dan pekerjaan lainnya yang membutuhkan konsentrasi yang baik. 

Mata lelah disebabkan oleh pancaran cahaya layar monitor yang secara terus menerus menyinari mata. sehingga tidak menutup kemungkinana anda akan mengalami mata lelah. Penyebab lainnya adalah gangguan fisiologis, lingkungan, polusi cahaya lampu yang berlebihan, gaya hidup, dan karna gangguan pada mata.

Gejala mata lelah karna cahaya layar monitor
  • Diantara kebanyakan orang  mendapatkan mata berair ketika mereka mendapati  cahaya yang terang menderang. Sepeti ketika lampu memiliki cahaya yang sangat kuat jatuh  pada mata, maka mata akan menjadi kering. dan  kelenjar air mata harus bekerja mati-matian untuk menjaga mata agar tetap dilumasi dengan air mata. sehingga mengakibatkan  kelenjar air mata terlalu banyak bekerja dan menyebabkan mata berkaca-kaca.
  • Sensasi gatal yang di temani dengan mata sering panas dan merasa seperti terbakar di  area mata. Anda akan  merasakan hal ini saat anda menyentuh mata anda dengan jari anda.
  • Terjadinya iritasi atau gatal yang terjadi didalam mata. Biasanya anda akan  cenderung menggosok mata Anda berulang kali. ketika sudah mulai terasa gatal dan tidak nyaman, saat anda berada didepan layar monitor.
  • Rasa berat  yang dirasakan pada mata terutama pada kelopak mata hal ini disebabkan karena terlalu banyak ketegangan. Ini merupakan hal yang sangat tidak nyaman karena Anda akan merasa sulit untuk menjaga agar mata anda terbuka dengan layak.
  • Penglihatan kabur, memicingkan mata, mata kering, yang disertai dengan sakit leher dan sakit kepala.
Cara mengatasi mata lelah akibat cahaya layar monitor

1. Mencuci mata

Merendan mata pada air yang dingin dapat membantu menurunkan ketegangan yang terjadi pada mata, dan dapat merilekskan mata. adna juga bisa menggunakan sendok yang sudah disimpan dilemari es kemudian tempelkan pada bagian kelopak mata.

2. Kantong teh

Kantong teh yang sudah diambil sarinya juga masih dapat digunakan yaitu untuk mengatasi mata lelah. caranya ialah seduh kantong teh tersebut dengan air hanagat kemudain dinginkkan kantong teh tersebtu, setelah benar-benar dingin tempelkan pada kelopak mata

3. Mengompres mata

Kompreslah maat adna dengan menggunkan air dingin dan tunggu sampai beberapa menit,karna dengan mengopres maat dengan menggunkana air dingin  maka anda akan merasakan sensasi yang nyaman dan mata juga bersih.

4. Merelaksasikan otot mata

Saat maat mengalami kelelahan amat akan sangt membutuhkan relaksasi pada bagian otot yang berhubungan dengan mata, caranya ialah dengan memijat area yang berdekatan dengan mata, daro bagian bawah mta anda sampai kelopak mata adna, rasakan sensai setelahnya dan anda siap untuk kembali bekreja 

5. Berkedip
Mata merupakan organ yang memang hasrus di jaga kelembapannya, berkedip merupakan cara yang sangt prakitis untuk dilakukan karna pada saat anda berkedip anda akan merasakan sensasi segar kembali datang, karna pada saat anda berkedip maat kembali lembab

6. menggunakan penangkal radiasi layar

Dengan menggunakan tambahn layar penangkal radiasi layar,anda sudah mencegah adanya radiasi pada mata anda. Dan akrna adanya penagkal radiasi layar mata adna akan terhindar dari rasa lelah.
7. Konsumsi Sayur dan buah

Konsumsi makana yang mengandung vitamin A sangat di anjurkan untuk menjaag kesehatan amat anda, Jika anda mengonsumsi vitamin A secara rutin setiap hari maka kemungkinan besar anda akan  terhindar dari berbgai hal yang dapat menggangu kesehatan mata.

Itulah beberapa hal yang mungkin anda bisa lakukan untuk mengatasi agar mata anda tidak lelah akibat layar monitor.Dan hal tersebut sangat mudah untuk diapliksikan jika memang anda berkenan. Baca juga: Bahaya kandungan Steroid dalam Tetes Mata Terhadap Kesehatan Mata

Related Posts:

0 Response to "Cara mengatasi Mata Agar Tidak Lelah Akibat Pancaran Layar Monitor"

Post a Comment