Manfaat Sambiloto Untuk Kesehatan Tubuh

Sambiloto merupakan tumbuhan terna tegak yang tingginya bisa mencapai 90 cm. Yang asalnya diduga berasal dari Asia Tropika. Penyebarannya dari india  meluas keselatan sampai siam, ketimur sampai semenanjung malaya, kemudian ditemukan di jawa. Tumbuh baik didaratan rendah sampai ketinggian 700 meter dari permukaan laut. Sambiloto dapat tumbuh baaik paad curah hujan 2000-3000mm/Tahun dan suhu udara 25-32 derajat celcius. Kelembapan yang dibutuhkan adalah termasuk sedang yaitu 70-90% dengan penyinaran agak lama.

Sambiloto berasal dari famili acanthaceae, dengan nama latin Andrographis paniculata. Daun sambiloto bertangkai pendek, letaknya berhadapan, bersilang, bentuk lancet, pangkal runcing, ujung meruncing, tepi rata, permukaan atas hijau tua. Perbungaan rasemosa yang bercabang berbentuk malai, keluar dari ujung batang atau ketiak daun. Bunga  berbibir berbentuk tabung dan berwarna putih. Buah kapsulnya berbentuk corong, panjang sekitar 1.5 cm, lebar 0,5 cm pangkal dan ujung berbentuk tajam.

Sambiloto adalah tumbuhan liar yang memiliki banyak khasiat unutk  mengobati berbagai macam penyakit. Karna termasuk tumbuhan liar tumbuhan sambiloto dapat temukan di kebun, tepi sungai, tanah kosong yang lembab atau pekarangan.

Daun sambiloto mengandung Laktone dan flavonoid. Laktone diperoleh dari daun dan cabangnya, masing-masing mengandung deoxyandrographoldie, andropraholide(zat pahit), deoxy n, didehydroandrographolide, dan homoandrographolide, terdapat juga alkane, keton, aldehid, mineral, (kalsium, kalium, natrium), asam kerisk dan damar, flavonoid sendiri paling banyak dari akar, yaitu metoksiflavon, andrgrafin, panikulin, dan apeginin.

Tanaman sambiloto dapat berfungsi memperlancar air seni, mencegah pembentukan radang, menurunkan panas karna memeliki kandungan antipertika, sakit perut, kencing manis, dan terkena racun, kanker. Kandungan senyawa kalium ynag memberikan khasiat menurunkan tekanan darah. dapat menurunkan kadar gula yang sebanding dengan pemberian suspensi glibenclamid.

Daun sambiloto juga digunakan bisa digunakan untuk mengobati tyfus. Cara pembuatan jamu dari sambiloto untuk mengobati tipus yaitu dengan merebus 10-15 lembar daun sambiloto dan anda juga bisa menambahkan madu untuk menetralakan rasa pahitnya.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak daun sambiloto yang dicampur dengan gingseng siberia dapat meringankan gejala flu biasa ketika ramuan daun sambiloto mulai diminum dalam waktu 3 hari pertama. Beberapa gejala mulai membaik setelah dua hari pengobatan, akan tetapi biasanya membutuhkan waktu 4-5 hari pengobatan sampai semua gejala hilang. Selin itu ekstrak daun sambiloto juga bisa digunakan untuk mengobati pilek.

Catatan:

ramuan obat daun sambiloto aman jika dikonsumsi dalam jangka pendek dan sesuai dengan aturan, baik pada anak-anak maupun dewasa. Namun sambiloto memliki efek samping yaitu menghilangkan nafsu makan, diare, muntah, ruam, kelelahan, dan sakit kepala. Selain itu, sebaiknya ibu yang hamil atau menyusui sebaiknya tidak mengonsumsi sambiloto tidak aman   mereka karna takut terjadi keguguran.

                                                                                                           

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                        

Related Posts:

0 Response to "Manfaat Sambiloto Untuk Kesehatan Tubuh"

Post a Comment