Manfaat Bawang Daun Untuk Kesehatan

Daun bawang adalah jenis sayuran dari kelompok bawang-bawangan yang banyak digunakan dalam dunia masakan. Kita dapat menemuinya daun dalam beberapa jenis masakan Indonesia, misalnya dalam martabak telur, sebagai bagian dari sop, atau sebagai bumbu tabur seperti pada soto.

Daun bawang sebenarnya istilah umum yang dapat terdiri dari spesies yang berbeda. Jenis yang paling umum dijumpai adalah bawang daun (Allium fistulosum). Jenis lainnya adalah A. ascalonicum, yang Kadang-kadang sering disebut dengan bawang prei, tak alin karna meimiliki fungsi yang sama dengan bawang daun yaitu sebagai bumbu pelezat masakan dan untuk mempercantik makanan.

Bentuk daun bawang bukan seperti bentuk daun pada umumnya namun bentuknya seperti batang dan berteksturnya lunak. Ternyata ada 2 jenis daun bawang yang bisa ditemui yaitu daun bawang semprong (sibol) yang dalam bahasa latin disebut allium fistulosum dan daun bawang prei atau leek, dalam bahasa latin disebut allium porrum. Kedua daun bawang tersebut memiliki ciri fisik yang berbeda.

Daun bawang semprong mempunyai umbi kecil, berdaun bulat, panjang, serta memiliki lubang yang berbentuk seperti pipa. Sedangkan daun bawang prei tidak mempunyai umbi, berdaun panjang, pipih, serta memiliki pelepah yang panjang, belubang dan liat. 

Bawang daun tak hanya memberikan rasa yang yang harum dan lezat pada makanan tapi juga memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. beberaap manfaat dari daun bawang adalah sebagai berikiut.

1. Meningkatkan Kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh  merupakan suatu hal yang memang seharunya kita perhatikan karna jika tidak kita akan mudah terserang oleh berbagai virus dan bakteri yang dapat menyerang kesehatan tubuh. sebagi solusinya tingkatakn asupan makanan  harian kita, karena setiap saat tubuh kita bisa terserang oleh virus. Kandungan allicin seperti senyawa belerang dalam bawang daun dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

2. Menguatkan tulang

Kesehatan juga hal harus sering kita kontrol untuk mengatahui kesehatan tulang kita agar tidak terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan misalnya osteoporosis, dan nekrosis Daun bawang merupakan sayur yang sangat kaya akan vitamin K. karna vitamin K merupakan vitamin yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dalm jangka panjang. Vitamin K berfungsi untuk membantu regulasi sel yang dalam artian dapat membantu mencegah demineralisasi tulang. Hal ini juga dibantu dengan produksi protein tulang yang disebut osteocalcin, yang sangat penting untuk menjaga kepadatan mineral tulang agar tidak terjadi berbagai penyakit pada tulang.

3. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan polisulfida yang terdapat dalam daun bawang berfungsi dapat melindungi kesehatan jantung dan dapat melindungi jantung dari berbagai penyakit yang bisa terjadi. Daun bawang juga mengandung mangan,dan  mineral yang mampu mempertahankan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.

4.Mencegah terjadinya anemia

Daun bawang mengandung zat besi yang mampu meningkatkan produksi darah merah yang mengandung Hb dalam tubuh. yang dapat mencegah terjadinya anmia, dan jika anda sudah terlanjur terserang anemia maka sebaiknya anda mencoba untuk mengonsumsi daun bawang.

Tak ada salahnya anda mengkonsumsi bawang daun karan hal itu sangat bermanfaat unutk kesehatn kita.


Related Posts:

0 Response to "Manfaat Bawang Daun Untuk Kesehatan"

Post a Comment