Cara Mengatasi sakit Mata Pada bayi

Pada saat masih bayi merupakan masa dimana bayi mudah untuk terserang oleh penyakit, karna pada saat itu sistem kekebalan tubuh masih belum kuat sehingga rentan terhadap penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Biasanya virus dan bakteri ini sering menyerang pada mata bayi.

Virus dan bakteri biasanya yang ada pada tangan bayi akan mudah berpindah pada matanya saat dia mengucek matanya dengan sepontan katika si bayi merasakan gatal dibagian area mata dengan tanpa menyadari bayi langsung mengggosok matanya dengan tanganya yang tanpa diketahui bahwa tangannya sudah menyentuh  benda-benda asing. Hal inilah yang dapat menyebabkan kesehatan mata bayi menurun

Beberapa hal yang dapat menyebabkan bayi sakit mata adalah hal berikut:

Mata bayi yang terkontaminasi oleh bakteri dan virus, yang diakibat oleh kebiasaan bayi yang sering menyentuh daerah sekitar mata setelah menyentuh benda yang ada disekelilingnya yang mengandung bakteri dan kuman.
Masuknya bakteri dan debu jalanan secara tidak sengaja pada mata bayi.
Akibat paparan radiasi berlebih seperti alat elektronik.
Kurangnya asupan vitamin A

Setelah kita mengetahui penyebab dari sakit mata pada bayi selanjutnya kita akan membahas gejala sakit mata yang terjadi pada bayi.yaitu ditandai dengan bengkaknyamata bayi, terdapatnya warna kemerahan di balik kelopak mata dan menyebar sampai bagian putih mata, seing mengeluarkan air mata yang berlebiha, keluranya belek, yang dapat menyebbakan terjdinya pengerasan dibagian sekitr kulit, dan photopobia (tidak suka melihat lampu yang terang).

Untuk mengatasi sakit mata pada bayi ialah dengan cara berikut:

1. Hindarkan bayi kontak langsung dengan debu

saat anda membawa anak anda membawa anak anda keluar rumah. Hati-hati serangan debu yang kadang sulit diprediksi karena datangnya tiba-tiba dan sangat perlu untuk anda awasi. Hindarkan bayi dari kontak langsung debu dengan cara tutupi bagian wajah bayi dengan kain atau media lain yang bersih.

2. Menjaga kebersihan mata bayi

Sebaiknya orangtua harus selalu menjaga kebersihan mata bayi dari belekan yang biasanya kerap terjadi agar tidak terjadi sakit mata pada bayi. JAngan anda sepelekan sakit mata pada bayi karan akan membuat hal itu menggangu penglihatan bayi

3. Hindari penyumbatan saluran air mata

Jika kondisi penyumbatan saluran air mata ini terjadi, maka segera anda melakukan pemijatan dibagian area lingkar mata bayi dan bagian batang hidungnya untuk kembali melancarkan saluran air mata bayi.

Selain itu anda harus membersihkan mata bayi dengan bola-bola kapas basah atau kain lembut
dan hindari membersihkan mata bayi dengan air hangat, karena dapat memicu terjadinya iritasi, dan juga hindari penggunaan air pembersih mata, akrna takut kulit abyi sensitif terhadap obat kimia.

Baca juga artikel terkait

Cara Mengatasi dan Mengobati Sakit Mata Belekan dan Merah dengan Menggunkan Bahan Tradisional

Cara mengatasi Mata Agar Tidak Lelah Akibat Pancaran Layar Monitor

Related Posts:

0 Response to "Cara Mengatasi sakit Mata Pada bayi"

Post a Comment